First Love

Since (I think) I’m a straight female, so my first love is supposed to be a male. Ini bukan tulisan tentang cinta monyet waktu SD/SMP karena ini terjadi hampir 25 tahun yang lalu. Tulisan ini tentang Daddy, laki-laki yang jadi cinta pertama saya dari hari saya lahir sampai kapanpun.

Subuh mellow ini disebabkan oleh game Tomb Raider 2. Game yang ngga pernah selesai tapi meninggalkan banyak memori masa kecil (lengkapnya ada disini).

Tiap kali mainin TR2 ini, saya cuma bisa mbatin “kayaknya dulu pernah ngelewatin ini tapi mungkin bukan aku yang mainin”. In this case, siapa lagi kalo bukan si Daddy yang mainin sementara saya dan adek cowok cuma nontonin.

Daddy ngga pernah minta dibilang keren tapi dia yang pertama kali ngajak saya nonton konser. Iya, konser pertama saya adalah grup musik jedug-jedug yang entah nama bandnya apaan.

Daddy ngga pernah minta dibilang keren tapi dia yang pertama kali ngenalin saya ke J-Pop dengan membelikan saya kaset Utada Hikaru yang Distance.

Daddy ngga pernah minta dibilang keren tapi dia yang hampir selalu nemenin saya main game mulai dari tembak2an bebek, Ice Man (?), Sonic, game Mickey Mouse di Sega, sampai TR series (terakhir yang Angel of Darkness kayaknya).

Daddy ngga pernah minta dibilang keren tapi dia yang pertama kali memperkenalkan saya dengan dunia design graphic dan periklanan, dunia yang saya cintai sampai sekarang.

Daddy ngga pernah minta dibilang keren tapi dia yang pertama kali ngenalin saya dengan Mac Book dengan bilang “Dad dulu juga pake ini waktu kuliah di US”.

Ada waktu dimana saya dan adek cowok ngga akan beli barang yang ga disukai sama Daddy karena biasanya kalau Daddy bilang ngga, itu bisa bikin kita berdua berasa hina aja. Hina dalam artian ngerasa salah karena ga nurutin dia dan berakhir barangnya ga dipake.

Mungkin porsi sayang saya ke Mami dan Daddy ini biasanya adil 50-50 tapi mereka berdua sangat-sangat berbeda jadi ada waktunya dimana saya yang meskipun udah umur 20tahun++ ini lebih pingin jadi Daddy’s little girl (iya kali ini dengan saingan sama si adek cewek) daripada bffnya Mami dan saya lumayan yakin selamanya akan kayak gini. His personalities are very complex and probably I will not have time to fully understand him.

Mungkin orang tua saya ngga akan ngerti kenapa saya pengen banget pulang dan tinggal di Indonesia meskipun saya kemungkinan punya kesempatan buat kerja di Amerika. Saya cuma pingin dekat dengan mereka. Beberapa tahun ini kalau saya mau ketemu mereka, saya harus pesan tiket mahal dan duduk lama di beberapa penerbangan. Udah capek.

Kita berlima (ortu,saya, dan 2 adek) ngga pernah sekalipun bilang “I love you” ke satu sama lain dan bakal berasa aneh kalo dipaksa bilang kaya gitu. Agak sering geli sama anak yang sering bilang I love you ke ortunya, bukan ga suka tapi it’s just not us (or at least me for and my brother).

*ditulis sambil dengerin lagu Feels Like Home – Chantal Kreviazuk yang malah bikin nangis bombay ga aturan*

Originally posted on my tumblr on March 8, 2014

2 thoughts on “First Love

  1. saya ngebacanya sampe terharu dan meneteskan air mata.
    sungguh beruntung mba punya daddy yang seperti itu.. indah sekali merasakan cinta pertama seorang gadis kepada ayahnya.
    lalu saya inget bapak saya sendiri. dan saya jadi tambah nangis..

    saya dibesarkan dengan kondisi ekonomi yang kekurangan. sehingga mengakibatkan banyak pertengkaran dikarenakan uang.
    bapak saya tidak bekerja, cuma tiduran, makan, marah. hanya ibu saya yang bekerja. dengan uang seadanya beliau menghidupi kami berlima (ibu, bapak, saya dan 2 adikku)
    suatu hari ibu saya pulang kerja, bapak saya yang tadinya tiduran langsung bangun minta makan dan rokok. saya sedih sekali saat itu. bahkan sekarangpun kalo inget kejadian itu tiba-tiba hati saya sakit.
    bapak saya ringan tangan dan suka ngomong sembarangan. pernah saya dipukul pake sapu, adik saya diseret dari jalan, ibu saya dilempar piring. dari bapak saya tidak percaya cinta, karena dialah laki-laki pertama dalam kehidupan saya yang menyakiti saya. memberi saya trauma yang sangat mendalam.

    sekali saya bertanya kepada bapak saya, kenapa gak kerja pak? gak kasian sama ibu? bapak saya malah marah dan bentak-bentak saya nyuruh saya pergi. bukankah kesehatan harus disyukuri dengn cara kita bekerja keras? bapak saya masih sehat, harusnya dia mau bekerja dan berusaha. saya sering bertanya kepada ibu dengan pertanyaan seperti ini : buk, kenapa gak cerai aja sama bapak? jika bersama tetapi hanya saling menyakiti mending pisah aja bu.. dan pertanyaan itu selalu dijawab dengan jawaban yang sama. nak, bapakmu udah gak punya orang tua, sama sodaranya gak akur, kalo engga tinggal sama ibu dan kalian (aku dan adik-adikku), mau tinggal sama siapa lagi.
    ya tuhan betapa mulia hati ibu saya.
    bertambah usia, saya tidak pernah menuntut apa-apa dari orang tua. kasihan ibu saya.

    ternyata tuhan sangat menyayangi saya. saya diberkati dengan otak lebih pintar dari teman saya yang lain. mungkin hadiah dari tuhan atas kesabaran ibu saya. dari sd, smp, sma. saya sekolah di sekolah terbaik yang ada di kota tempat tinggal saya. saya selalu peringkat 1, dan puji tuhan dapet beasiswa. lumayan, ibu tinggal mikirin adek-adek.
    ketika lulus sma, saya bilang ke ibu saya kalo saya mau kerja aja bantuin ibu. tapi ibu saya ngelarang, dia bilang saya harus kuliah, saya harus berpendidikan biar engga kaya ibu. sekali lagi saya bersyukur memiliki ibu seperti ibu saya. puji tuhan saya lulus seleksi beasiswa S1 di universitas negri favorit.

    dengan keaadaan seperti itu, tarkadang membuat saya merasa rendah diri. menjadikan saya pribadi yang minder dan tidak percaya diri. saya merasa tidak diinginkan bahkan bapak saya hanya bisa menyakiti saya. ketika orang lain menginginkan sosok suami seperti ayah mereka, saya tidak mau sosok seperti ayah saya.
    ketika mendengarkan cerita orang lain mengenai ayah mereka yang mencintai mereka, saya cuma bisa berdoa semoga bapak saya juga mencintai saya.
    yang saya lakukan hanya bisa berdoa, agar tuhan memberikan pertolongan kepada bapak saya, agar setidaknya dia bisa berubah lebih baik.

    sungguh mbak, membaca ceritamu membuat saya ikut merasa bahagia. ikut merasa bersyukur, bahwa kamu dibesarkan dengan ayah yang luar biasa 🙂

    Like

    • Hi Nabila, aku bangun dan baca komenmu dan berurai air mata trus panik karena udah mau ke kantor tapi gimana kalo mata bendol B)). Ceritamu apalagi di bagian Ibumu yang bilang kamu harus kuliah TT_____TT dan sekarang sepertinya kamu masuk ke jurusan sastra Jepang (?) yang memang kamu sukai and I’m so happy with that :’). Dari ceritamu, ayahmu bukanlah ayah yang luar biasa tapi kamu punya ibu yang buat aku aja yang baca bisa bikin merinding karena kagum apalagi kamu yang hidup bersama dengan beliau. Semoga kamu dan keluargamu selalu mendapatkan berkat dan semuanya dilancarkan <3.

      Terima kasih sudah berbagi :')

      Like

Leave a comment